Cara Fetch As Google (Submit URL) di Search Console Versi Terbaru


Search Console atau biasa dikalangan blogger dikenal sebagai Google Webmaster merupakan layanan gratis yang diciptakan perusahaan raksasa Google untuk para pemilik website.

Seperti yang kita ketahui, layanan satu ini fungsi nya yaitu untuk  mengindex, meningkatkan jumlah keterlihatan situs atau website kita di mesin pencari Google, serta menampilkan laporan status indeks pada web yang telah kita daftarkan.

Sejak akhir tahun 2018, Google Search Console mulai memperkenalkan versi terbaru ke para webmaster, akan tetapi masih dalam versi Beta (percobaan). Dan ditahun 2019 ini Google mulai meluncurkan versi rampungnya.

Pada versi terbaru ini, Search Console nampaknya menghilangkan salah satu fitur didalamnya yaitu Fetch As Google.

Apa itu Fetch As Google?

fetch as Google adalah fitur untuk kita meminta agar mesin pencari bisa segera mengindex url artikel terbaru supaya bisa muncul di mesin pencarian Google.

Setelah saya gali informasi kesana kemari, ternyata fitur tersebut tidak dihilangkan lho teman-teman. Inspect URL merupakan nama baru yang di versi sebelumnya adalah Fetch As Google.

Jadi jangan khawatir guys, ternyata Google ini hanya mengganti namanya saja bukan menghapus fitur tersebut menjadi Inspeksi Halaman.

Lalu bagaimana cara kita meng-index url agar bisa masuk mesin pencari Google di Search Console versi terbaru? Yuk kita simak ulasannya berikut.

Cara Submit URL di Search Console Versi Terbaru 2019

1. Pertama-tama pastikan blog atau website kamu sudah terdaftar di Search Console. Jika belum terdaftar, Anda bisa baca artikel Cara Mendaftarkan blog ke Search Console.

2. Selanjutnya, dalam tampilan Search Console terbaru ini kamu klik tab menu lalu pilih fitur Inspeksi Halaman seperti gambar berikut.


3. Ketiga, masukkan url artikel terbaru kita di kolom yang berada diatas lalu tekan enter dan tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.


4. Selesai. Jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, berarti url kamu sukses di index oleh mesin pencari Google.


Gimana teman-teman? Sekarang sudah faham kan cara mengindex url di versi terbaru Search Console? Semoga artikel yang singkat dari Rahma ini bisa bermanfaat untuk semuanya ya.

Jangan lupa untuk tekan tombol share di media sosial kalian :-) Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel